Raising a montessorian

A journey of raising a montessori child in my own way

Kartu Provinsi dan Kartu Ibukota

Tinggal di Indonesia yang kaya dengan keanekaragamannya, kenapa tidak kita pelajari saja sekarang? Mama Ar sedang mengembangkan materi tentang Indonesia. Rencananya akan ada senjata tradisional, baju adat, alat musik tradisional, rumah adat, tarian dan beberapa kekhasan daerah masing-masing. Doakan bisa cepat selesai ya.

Untuk saat ini yang sudah selesai adalah kartu provinsi dan kartu ibukota yang dijual oleh para reseller. Mohon maaf tidak bisa membagikannya gratis karena butuh banyak usaha dan waktu dalam membuatnya. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp 40.000. Teman-teman bisa menghubungi instagram @arista.toyshop, @groundma.id, dan @janeline_jualan.




Sebelum mengenalkan provinsi dan ibukota di Indonesia, sebaiknya anak-anak sudah memahami tentang daratan lautan, benua, negara Indonesia dan pulau-pulau besarnya. Berikut beberapa kegiatan yang dapat menggunakan kartu provinsi dan ibukota.


1.  Kartu Raba Provinsi di Indonesia

  Cara membuatnya sama dengan membuat kartu daratan dan lautan hanya saja detail tiap provinsi diberi warna merah atau disesuaikan dengan kode warna pulau besar. Misalnya pulau Jawa detail provinsinya warna merah (lihat foto Jawa Timur). Provinsi di Sumatera diberi warna kuning untuk detail provinsinya. Jangan lupa menggunakan tiga tahap pembelajaran dan anak diminta untuk meraba kartunya. Kenalkan 3 provinsi yang dekat dengan kehidupan anak atau provinsi yang pernah dikunjungi anak.   



2. Mencocokkan Kartu Provinsi

  Para mama bisa menggunakan dua set kartu provinsi untuk membuat kartu tiga bagian. Satu kartu dipotong utuh tiap provinsi. Satu set kartu yang lain dipisahkan antara gambar dengan tulisannya. Jadilah kartu tiga bagian yang dapat dipakai untuk kegiatan membaca nama-nama provinsi juga. Foto menyusul. 



 3. Mencocokkan Kartu Provinsi dengan Boneka Berpakaian Adat

  

Kegiatannya sama dengan mencocokkan kartu provinsi menggunakan tiga tahap pembelajaran. Anak mencocokkan boneka dengan kartu provinsi yang sesuai. Imut sekali ya boneka adat ini. Boneka adatnya bisa dibeli di instagram @cika_handycraft. Saya hanya beli bonekanya, tanpa kotak mika dan alasnya. Boneka-boneka tersebut saya masukkan dalam  mika (biasa untuk wadah coklat) yang saya beli sendiri supaya tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.


4. Mencocokan Kartu Ibukota dan Kartu Provinsi

Jika anak sudah menguasai letak dan nama-nama provinsi di Indonesia, kita bisa memberikan kartu ibukota. Pastikan menggunakan tiga tahap pembelajaran juga.


Selamat mencoba kegiatan-kegiatan ini. Buat Ar (6 tahun), materi ini tidak berat karena hanya diberikan tiga provinsi setiap harinya, tetapi kadang Ar minta lebih karena si anak bisa memegang dan melihat langsung materi yang dipelajari (hands-on learning).