Raising a montessorian

A journey of raising a montessori child in my own way

Lifelong Learning Mama

Life-Long Learning Mama


Life-Long Learning Mama adalah komunitas para mama di Yogyakarta yang mulai mengadakan kegiatan pertamanya tanggal 4 April 2017. Komunitas ini didirikan untuk mengisi waktu para mama yang mengantar-jemput anaknya ke sekolah. Sambil menunggu anak-anak di sekolah, para mama berkumpul melakukan kegiatan yang dapat mendukung pendidikan anaknya di rumah. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah membuat alat peraga montessori ataupun belajar hal lain dari sesama anggota. Kami berkumpul setiap hari Selasa pada minggu pertama dan ketiga. Berikut agenda pertemuan kami.

No.Tanggal Kegiatan
1. 4 April 2017Membuat Nampan benua untuk Latihan Keterampilan Hidup (Montessori)
2.18 April 2017Membuat Continent Busy Book dengan Kain Flanel
3.23 Mei 2017Memanam dengan Metode Hidroponik Sederhana
4.6 Juni 2017Mengajarkan Fonik pada Anak
5.8 Agustus 2017 Membuat Lampu Tidur dari Stik Es Krim
6.22 Agustus 2017 Membuat Globe Montessori
7.5 September 2017 Menjahit Seprei, Tas, Dompet
8.19 September 2017 Melanjutkan Menjahit Seprei, Tas, Dompet
9.10 Oktober 2017Crochet (Scarf, Rug)
10. 24 Oktober 2017Melanjutkan Crochet (Scarf, Rug)
11.7 November 2017Daily Glowing Make Up
12.21 November 2017Membuat Rumah Boneka
13.5 Desember 2017Workshop Pop-Up BOOK
14.19 Desember 2017Final Exam



Bagi buibu di Yogyakarta yang memiliki visi yang sama dengan kami, silakan menghubungi email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it untuk bergabung dengan komunitas Life-Long Learning Mama. Syaratnya adalah bisa aktif dalam kegiatan kami. Mudah kan?



DIY: Continent Busy Book

Pertemuan kedua komunitas Life-Long Learning Mama adalah membuat 'Busy Book' Benua. Pembuatan busy book ini membutuhkan waktu dua kali pertemuan dimana para anggota juga menyelesaikan proses menjahit di rumah.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

1. kain flanel berbagai warna
2.pita
3.tali aksesoris
4.velcro
5.resleting
6.magnet
7.mata ayam
8.hook & eye
9.kancing besar
10. kancing kecil
11.kancing cetit
12.pengait tas
13.benang sesuai warna kain flanel
14.gunting
15.lem
16.jarum

Buat sendiri pola sesuai dengan foto busy book kami. Mohon maaf kami tidak menyediakan printable polanya, tapi untuk pola benua dapat diunduh disini. Setelah selesai, satukan dua lembar flanel biru dengan menjahitnya menjadi satu halaman bolak-balik.




DIY: Benua untuk Latihan Keterampilan Hidup (Montessori)

Ini adalah pertemuan perdana komunitas Life-long Learning Mama dengan agenda membuat benua untuk latihan keterampilan hidup memindahkan manik-manik dengan pinset.

Bahan adonan yang dibutuhkan:

1. 1 cup baking soda
2. 1/2 cup tepung maizena
3.3/4 cup air



Cara membuat adonan dan proses pembuatan benua dapat dilihat di video di bawah ini.



Selamat mencoba. Jangan lupa tag instagram @raisingamontessorian dan @lifelonglearningmama jika sudah berhasil membuatnya ya. 

DIY: HUMAN ORGAN FELT VEST


Rompi Flanel Organ Dalam Tubuh

Akhirnya DIY-project yang ditunggu-tunggu sudah terlaksana. Senang sekali bisa ketemu lagi dengan teman-teman mama setelah sebulan liburan sekolah. iya, kalau anak libur sekolah, kegiatan Lifelong Learning Mama juga libur. Pada pertemuan ini kami membuat rompi flanel organ dalam tubuh.

Bahan disponsori oleh Looly Craft Center (cek instagramnya ya @loolycraftcenter). Bahan juga sudah dipotong-potong sesuai pola organ dalam oleh mbak Merry (IG @merrytamaa) yang juga sebagai tutor pada kegiatan ini. Beruntung sekali kami punya Mbak Merry yang handal, rajin, dan baik hati meluangkan waktunya demi project ini cepat selesai. Jadi buibu tinggal menjahit saja. Gampang kan? Malu dong kalau projectnya tidak selesai.

Berikut cuplikan keseruan kami membuat rompi organ dalam tubuh.


Mau buat sendiri di rumah? Polanya bisa klik di sini.

Bahan:

1. Kain flanel. Silakan lihat gambar 1 untuk panduan warnanya

2. Dakron

3. Jarum dan benang warna sesuai flanel

4. Ring sabuk bentuk persegi 2 buah

5. Gunting

6. Lem Astro (lem khusus kain flanel)


Langkah-langkah:

1. Siapkan kain flanel coklat muda dan ukur sesuai tubuh anak.

2. 

Siapkan pola organ dalam. Sesuaikan warna organ dengan foto di bawah ini.

3.Potong flanel rangkap dua.


Gambar 1: Bahan Rompi dan Potongan Flanel


4. Jahit tepi organ dengan tusuk feston. Siskkan sedikit lubang untuk memasukkan dakron.
5. Masukkan dakron ke dalam lubang dan jahit lubang dengan tusuk feston. Jangan memasukkan dakron terlalu banyak karena rompi akan menjadi berat.
6. Tempelkan velcro kasar padan bagian belakang belakang organ.



Rompi:
1. Potong leher rompi sesuai dengan lingkar kepala anak.
2.Lipat bagian tepi rompi dan dan leher .
3.Jahit dengan tusuk feston. Dilem saja juga bisa.
4. Jiplak organ flanel yang sudah pada rompi. Jangan menggunakan pola printables karena bentuknya akan lebih besar. Lihat letak-letaknya pada printables. Jahit jelujur dengan benang sesuai warna organ.
5. Jahit sabuk samping dan pasang ring.



Gambar 2: Detail Rompi, Otak dan Usus



Otak (pola tidak ada di printables)
1. Jahit flanel coklat muda dengan bentuk persegi panjang sesuai ukuran lingkar kepala anak. 
2.Tempelkan velcro halus pada bagian tengah ikat kepala.
3.Tempelkan velcro kasar pada bagian tengah otak.
4.Tempelkan velcro kasar pada ujung kanan dan velcro halus pada ujung kiri di sebelah dalam.
 


   Usus Kecil/Usus Besar
1.Jahit bagian tengah usus kecil/usus besar dulu.
2.Isi dengan dakron sedikit-sedikit.
3.Jahit bagian luar dengan tusuk feston.




Gambar 4: Rompi dan Ikat Kepala Organ Dalam Tubuh


 Rompi dan ikat kepala organ dalam tubuh sudah jadi. Anak-anak pasti senang sekali memakai rompi ini karena dibuat mamanya dengan penuh cinta. Jangan lupa tag instagram @lifelonglearingmama dan @raisingamontessorian jika sudah jadi. Semangat!


Ar (5 tahun) sangat antusias ketika rompi ini selesai mama buatkan. "Waa mama, bagus sekali. Ini buat aku? Makasih mama." sambil peluk-peluk dan cium-cium. Duuuh ilang deh pegal-pegal dan kurang tidur akibat begadang seminggu. Hmmm, Setelah ini mau buat apalagi ya? hahaha mama pantang capek deh kalau dapat reward seperti itu.


Kegiatan tentang organ dalam tubuh yang pernah dilakukan Ar ketika umur 2,5 tahun dapat dibaca di sini. Video dan penjelasan tentang organ dalam di sini dapat dijadikan referensi.



Komunitas Lifelong Learning Mama

Lifelong Learning mama adalah komunitas ibu-ibu di Yogyakarta yang berusaha menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang positif di sela-sela menunggu putra-putrinya bersekolah. Kami datang dari berbagai latar belakang yang berbeda termasuk latar belakang pendidikan dan keterampilan. Dari perbedaan ini kami menggali ilmu dari anggota yang lain. Misalnya seorang anggota berlatar belakang pendidikan keguruan akan berbagi ilmu tentang cara pengajaran yang bisa diterapkan di rumah, seorang anggota dengan latar belakang pendidikan pertanian akan berbagi ilmu tentang cara menanam dengan model tertentu, atau seorang anggota yang mahir menjahit kain flanel atau menyulam akan mengajarkan kepada anggota yang lain keterampilan tersebut. saling mengisi dan saling melengkapi.

Kegiatan kami ini diadakan dua kali pertemuan dalam satu bulan, Kami biasa mmenghabiskan waktu dua sampai tiga jam untuk mengerjakan media pembelajaran yang dapat digunakan di rumah. Beberapa proyek yang telah kami kerjakan adalah adalah membuat nampan benua untuk kegiatan keterampilan hidup, membuat busy book tentang benua, membuat rompi organ dalam tubuh. 

Selain membuat membuat media pembelajaran, kami juga menambah pengetahuan dengan tema mengajarkan fonik pada anak dan menanam tamanman hidroponik. Masih ada beberapa agenda lagi sampai bulan Desember 2017 nanti dan sudah tidak sabar rasanya melahap semua ilmu baru. Bagi buibu yang berminat menjadi anggota aktif dan bisa meluangkan waktu pada jam anak sekolah, silakan menghubungi kontak yang ada di website ini. Kami dengan senang hati menerima anggota baru. 


Follow instagram Lifelong Learning Mama untuk mengikuti kegiatan kami.