Raising a montessorian

A journey of raising a montessori child in my own way

MARIA MONTESSORI

Dr Maria Montessori lahir di Ancona, Italia pada tahun 1870 dan meninggal di Noordwijk, Belanda pada tahun 1952. Ketika ditanya, "Apa itu Metode Montessori?" Maria Montessori akan menjawab, "Ini hanyalah sebuah bantuan untuk hidup". Dalam karyanya dengan anak-anak di seluruh dunia, Dr Montessori, dokter wanita pertama di Italia, membuat pengamatan tentang anak-anak karena mereka bergerak menuju "normalisasi" yang memungkinkan anak untuk mengembangkan sukacita disiplin diri, keyakinan diri dan pilihan untuk kegiatan tujuan.
Dr Maria Montessori mencatat bahwa anak-anak belajar dengan sangat mudah hanya dengan "menyerap" seperti spons apabila mereka mengalaminya sendiri daripada belajar semata melalui analisis logis.
Periode sensitif atau tahap perkembangan adalah periode dimana seluruh energi anak tampaknya fokus pada tahap tertentu dari perkembangan anak seperti berjalan, berbicara, menulis, dan membaca. Jika tahap ini didukung oleh lingkungan belajar yang disiapkan oleh guru dan orang tua, maka pembelajaran sepenuhnya disempurnakan dan mudah dicapai oleh anak.
Lingkungan yang telah disiapkan, secara ilmiah dirancang untuk mendukung periode sensitif anak, merupakan salah satu guru utama bagi anak belajar karena mereka bekerja dengan irama/kecepatan masing-masing. Bidang lingkungan yang disiapkan termasuk:

Hidup Praktis - Untuk mengembangkan konsentrasi dan koordinasi
Sensorial - Untuk membedakan indra
Matematika - Untuk mengembangkan pikiran logis
Bahasa - Untuk menghubungkan anak dengan masyarakat
Sains dan Alam - Untuk mempelajari tentang keajaiban dunia dari botani sampai zoologi
Geografi dan Sejarah - Untuk mempelajari sejarah dan budaya di dunia
Musik, Seni dan Gerakan - Untuk mengungkapkan kehidupan batin
Pendidikan Jasmani - Untuk mempelajari kerjasama, dan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar