Raising a montessorian

A journey of raising a montessori child in my own way

Printables: Indonesian Blue Series (Kartu Biru)

Seri kartu biru sebagai kelanjutan dari kartu merah muda dan kartu hijau bisa di unduh pada file di bawah ini. Saya membuat tiga macam file untuk setiap serinya. Yang pertama adalah kartu dengan gambar supaya memudahkan anak untuk memahami arti kata. Yang kedua adalah kartu tanpa gambar dimana kata-kata yang ada dalam file pertama diulang kembali dan ditambahkan beberapa kata baru. Dan yang ketiga adalah kartu dengan gambar yang berukuran lebih besar untuk digunakan di kelas. Para guru dapan mengunduh file yang ini saja supaya anak-anak di kelasa dapat melihat lebih jelas. Silakan dipilih sesuai kebutuhan.

Saya biasa memberikan Ar (4 tahun 8 bulan) kartu dengan gambar terlebih dahulu. Ar akan berusaha membaca kartu kata dan jika berhasil dia mencari padanan gambar yang cocok dengan karta tersebut. setelah anak bisa membaca kartu dengan gambar, saya akan memberikan kartu kata saja. Beberapa kata yang diulang akan membuatnya merasa bahwa membaca itu mudah dan beberapa kata baru akan lebih memberikan tantangan. 

Berikut file KARTU BIRU SERI 1:

1. Kartu Biru Seri 1 dengan Gambar

2. Kartu Biru Seri 1 tanpa Gambar 

3. Kartu Biru Seri 1 Klasikal dengan Gambar


KARTU BIRU SERI 2:

1. Kartu Biru Seri 2 dengan Gambar

2. kartu Biru Seri 2 tanpa Gambar

3. Kartu Biru Seri 2 Klasikal dengan Gambar


Mohon maaf kartu hijau masih dalam tahap pengerjaan. Saya akan segera informasikan jika kartu hijau sudah siap. Jangan lupa tag instagram raisingamontessorian jika anak-anak menggunakan kartu biru ini ya. 

Printables: Indonesian Pink Series (Kartu Merah Muda)

Baru saja saya menyelesaikan kartu merah muda dalam bahasa Indonesia dan memberikannya pada Ar (4,5 tahun). Ar sangat semangat sekali untuk mencoba membacanya dan ketika bisa membacanya dengan benar, dia kaget sendiri dengan kata yang dibacanya. ternyata punya arti! Ar juga berusaha menunjukkan benda disekitarnya sesuai dengan kata yang dia pecahkan.

Kemampuan membaca ini tidak bisa didapat dengan seketika karena membutuhkan pengulangan dan stimulasi indera penglihatan, pendengaran dan perabaan supaya dapat dipahami anak dengan baik.

Berikut tahapan belajar yang Ar lalui supaya bisa membaca dua suku kata dalam sebuah kata:


Umur 2 - 3 tahun: pengenalan fonik (bunyi dari suatu huruf dengan lagu dan gambar.

Umur 3 - 4 tahun: pengenalan bentuk huruf adan foniknya, meraba sandpaper letters dan menuliskan huruf dengan jari telunjuk di nampan berisi garam.

Umur 4 - 4,5 tahun: menggabungkan fonik konsonan dengan vokal (ba-bi-bu-b e-bo sampai za-zi-zu-ze-zo)

Umur 4,5 tahun: membaca dua suku kata pada satu kata.

Mohon diperhatikan bahwa periode sensitif tiap anak berbeda-beda jadi sebaiknya orangtua tidak memaksa anaknya untuk bisa membaca. Sebagai saran, orangtua bisa memberikan kegiatan yang menyenangkan supaya anak tertarik mengenal fonik, suku kata dan kata.


Beberapa kartu di bawah ini dapat digunakan untuk mengenalkan suku kata dan kata. silakan klik pada nama dokumen

kartu suku kata ba-bi-bu-be-bo

kartu merah muda seri 1

kartu merah muda dan gambar seri 1

Selamat berkegiatan dengan kartu merah muda. Tag instagram raisingamontessorian jika menggunakan kartu ini ya.